Hidup ini adalah proses pembelajaran tiada henti Join: komunitas-futsal-indonesia@yahoogroups.com

Sunday, July 27, 2008

Jurus Jitu (Coerver Pyramid)



Menurut teori biasanya (sebab-akibat), ada akibat 'biasanya' ada penyebab.. bisa begitu pun 'biasanya' ada sebabnya.. kalau dimasukin nanti bisa ke hukum adat (kebiasaan)--sotoy mode on. Abis gimana donk?? bukannya sotoy juga sih.. kata orang2, klo abis makan itu berefek kita akan merasa kenyang. Klo sakit perut biasanya pengen mampir ke jamban.

Kita bicara kausalitas (sambil nyalain rokok, biasanya dapet inspirasi klo sambil ngerokok), saya coba persempit bidang yang kita tuju, pertama, sepakbola. Lah??? Sepakbola masih terlalu luas land??? trus dipersempit kemana yah?? Tapi, nanti dulu!!!!! simak dulu...

Bicara sepakbola, memang sepakbola bukan matematika (itu sih kata orang yang ga gape matematika, hihi...). Ruang lingkup sepakbola sangat luas, tapi saya coba ambil sebuah contoh, kok bola itu dapat berjalan kesana yah?? (tanya kenapa?? sok2 jadi filsuf saia..), apa sih penyebab sang bola bisa berjalan demikian??? (inget.. tetep pada fokus sebab-akibat yah, jangan melenceng mencari pemikiran baru).

Bola ditendang koq bisa lurus kedepan, kebelakang, kanan, kiri, atau atas??? kemungkinan ada penyebabnya lagi. Bagi saya dan pengalaman serta pembuktian yang didapat dari atas apa yang telah saya teliti (bertele2 yah bahasanya?? bukan kalimat efektif brarti), bola itu saya bagi atas 5 sudut, padahal sih banyak, soalnya permukaan bola bundar, cuma saya persempit, yakni bagian atas, bawah, kanan, kiri dan tengah. Masing2 bagian tersebut punya efek yang berbeda atas hasil bola yang akan dihasilkan (alias hasil sepakan). Akan tetapi, bola juga dapat dipengaruhi oleh cara bagaimana kita menyepak bola.. ditambah posisi topangan badan yang bagus pula.. walah.. terlalu panjang kalau diceritakan disini.

Sebagai contoh, kita melakukan passing dengan kaki bagian dalam dan menendang bagian tengah bola (persis), disertai dengan tumpuan dan topangan badan yang baik. Maka "BIASA"nya bola akan meluncur datar. Dan begitu pula dengan fungsi daripada bagian yang lain.


Itu salah satu dari sekian banyak cara untuk memainkan sepakbola ataupun futsal. Jadi, kita mesti banyak belajar banyak untuk mengAKIBATkan sepakbola yang baik. Tak terlepas dari semua aspek penunjang, baik itu fasilitas, perlengkapan, hal-hal non teknis, dsb.

Pyramid di atas, adalah salah satu kumpulan dari jurus2 pamungkas untuk menjadi pemain sepakbola. Selamat menikmati... (sampai jumpa di episode yang akan datang,,, nguantuk saya...). Jadi, teruslah belajar, belajar dan belajar serta jangan cepat puas dan syukur atas nikmat yang diberikan oleh-Nya.





No comments:

Post a Comment