Hidup ini adalah proses pembelajaran tiada henti Join: komunitas-futsal-indonesia@yahoogroups.com

Thursday, July 17, 2008

Futsal Part I

Futsal part I

Futsal alias futbol sala (ntu sih kata orang spanyol), nah klo kata orang jawa apa yak?? Ntu sih gara2 wonge dolan bal-balan neng omah, engko ngerusake perabotane mbok'e..
Klo dicacah kira2 bgini: Futbol itu Sepakbola, Sala itu Ruangan.

Kala itu tahun 1930 di uruguay (montevideo-tepatnya), bgini ceritanya:

Menjelang Piala Dunia pertama pada 1930 di Uruguay, pelatih Juan Carlos Ceriani asal Brasil yang mengarsiteki Portugal, jengkel pada kondisi cuaca di Montevideo, tempat di mana timnas Portugal melakukan pemusatan latihan. Semua program latihan yang hendak diberikan oleh Ceriani berantakan lantaran hujan yang mengguyur kota tersebut. “Bagaimana kita bisa mendapatkan hasil maksimal jika program latihan terganjal oleh cuaca yang tidak bersahabat?” ujar Ceriani.

Agar program latihan bisa tetap jalan, akhirnya beliau menggunakan lapangan basket dalam ruangan yang notabene bebas hujan, antibecek dan jauh dari banjir.

Lapangan yang lebih sempit membuat Ceriani mengurangi jumlah pemain setiap timnya, untuk memudahkan aliran bola. Karena dianggap menarik, akhirnya sepak bola ciptaan Ceriani ini mulai diminati banyak orang.
Walau banyak mendapat protes dari masyarakat Brasil, yang menganggap Ceriani menjiplak pola permainan serupa yang dikembangkan di Negara Samba sejak berabad-abad lalu, sang mentor tetap diabadikan sebagai penemu Futsal.

Kira2 begitulah ceritanya, gara2 cuaca seseorang aja bisa jadi penemu futsal yang skarang lagi nge-tren di tanah air nih. Jadi semua dipelajari dan dipikirkan masak2.. Jangan sok tau kaya gw deh.. ada solusi dibalik problem, ada udang dibalik batu. Sekalipun itu akan menuai pro dan kontra sebagaimana penggalan kisah Mr. Ceriani di atas.

Btw, itu aja taon 1930.. Berarti kita anak baru futsal. Apa sih yang harus dilakukan pendatang baru??

_wieland_ (koq lucu sih??)

No comments:

Post a Comment