Hidup ini adalah proses pembelajaran tiada henti Join: komunitas-futsal-indonesia@yahoogroups.com

Saturday, May 16, 2009

BFN Panggil 28 Pemain Jalani Seleksi Akhir Timnas Futsal Indonesia

Sebanyak 28 pemain akan menjalani seleksi timnas futsal Indonesia di Galaxy Sport Ancol, Jakarta, pada hari Jumat (15/5). Seleksi ini merupakan penentuan akhir untuk mendapatkan 20 nama pemain yang akan didaftarkan pada AFF Futsal Championship 2009 di Ho Chi Minh City, Vietnam.

Dari 28 nama pemain yang mengikuti seleksi ini, lima diantaranya merupakan pemain yang baru saja dipanggil pelatih timnas Justin Lhaksana, hasil pemantauan di dua seri Indonesian Futsal League 2009.

“ Dalam seleksi ini kita akan mencoba kemampuan Boi Boas dan Echona dari klub Mutiara Hitam, Andaru dan Beni Hera dari Biangbola FC serta kiper Ade Lesmana dari klub Electric PLN V-Sport,” kata Justin Lhaksana.

Tak banyak waktu yang dimiliki Justin Lhaksana untuk menentukan pilihannya. Seleksi hari Jumat, besok, Justin sudah harus menentukan 20 pemain dan segera didaftarkan ke AFF.

“ Sebenarnya kerangka inti sudah saya dapatkan sejak seleksi bulan lalu. Tapi, karena ada pemain baru, saya ingin lihat lagi kemampuan mereka. Metode seleksi besok, saya akan beri instruksi sebelum game antar pemain. Dari sanalah saya akan nilai seperti apa implementasi pemain di lapangan,” terang Justin.

“ Selain pemahaman dan adaptasi dengan sistem permainan yang saya instruksikan, teknik dasar, visi bermain dan fighting spirit mereka juga akan menjadi acuan penilaian,” imbuh Justin yang memegang sertifikat kepelatihan futsal dai KNVB Belanda ini.

Sementara itu, masuknya tiga debutan Boi Boas, Echona dan Andaru disebutkan Justin memiliki peluang besar masuk dalam 20 skuad inti.

“ Mereka punya kemampuan individual yang bagus. Potensi menjadi pemain besar di timnas cukup besar. Tapi semua tergantung kemampuan mereka dalam beradaptasi juga. Jadi, semua pemain tetap punya peluang yang sama. Kita lihat saja besok,” ungkap Justin Lhaksana.

Terkait pemanggilan kembali kiper senior, Ade Lesmana, Justin merasa kecewa dengan penampilan beberapa kiper di IFL 2009.

“ Performa yang kurang meyakinkan dari kiper-kiper yang lebih muda, membuat saya berfikir untuk mencoba mengadu lagi dengan Ade Lesmana dalam seleksi. Semoga dua kiper yang kita bawa saat kejuaraan nanti tidak terlalu beda kualitasnya,” papar Justin.

Mulai Senin, (18/5), mendatang, Justin sudah mulai meramu skuad inti timnas futsal Indonesia. Namun demikian, jumlah pemain yang diboyong ke Vietnam hanya 14 pemain, dua diantaranya untuk posisi penjaga gawang. (asp)

Daftar Pemain Seleksi Timnas Futsal Indonesia : Andre Picessa, Dede Sulaiman (GK),Denny Handoyo, Setio (GK), Wahyu, Abdullah Uswanas, Afif Tamimi, Amril Daulay, Fachry Assegaf, Muhamad Ikhsan, Sayan Karmadi, Topas Pamungkas, Yos Adi Wicaksana (GK), Bagas, Fiki, Surya (GK), Hendra Kurniawan, Indra, Kharismawan, Taufiq, Alfian, Mozes, Ronaldo.

Lima pemain tambahan : Boi Boas, Echona, Andaru, Ade Lesmana (GK), Beni Hera

sumber: pssi

No comments:

Post a Comment