Hidup ini adalah proses pembelajaran tiada henti Join: komunitas-futsal-indonesia@yahoogroups.com

Tuesday, November 04, 2008

Lupakan Nasi!!! hah??

Pemain sepakbola kita disuruh lupakan nasi?? Kira2 begitulah yang saya dengar ketika mengikuti coaching clinic dari seorang mantan dokter tim nasional sepakbola Indonesia dalam sesi gizi.. Dokter tersebut mengatakan bahwa pemain kita disuruh lupakan nasi oleh seorang sekjen PSSI (maaf ga perlu sebut nama, wong disebut soal gajinya aja marah2). Hal ini dilontarkan oleh sekjen, katanya (dokter-red) untuk berprestasi, Pemain kita dilarang makan nasi dan pake makan2an standart atlet internasional. Sang dokter hanya mengatakan, kita itu kenal nasi sejak lahir. Dan Timnas perancis atau Italia sendiri untuk ikut suatu event (katakanlah euro) mereka menyiapkan koki dan bahan makanan 1 kontener khusus dan ikut diberangkatkan dimana timnas mereka bertanding,, kok kita disuruh lupakan nasi?

Sangat riskan sekali mendengar hal itu, apakah ada yang salah dengan nasi? Atau adakah pengaruh nasi dengan prestasi timnas sepakbola kita?? Mengapa seorang sekjen mengatakan demikian?

Nasi sendiri? Kita sama tahu kandungan nasi jadi ga usah dipanjang lebarkan, nasi itu tinggal bagaimana seorang atlet tahu kadarnya.. sehingga menjadi standar gizi yang pas(tidak lebih/kurang), kita tahu thailand? Bagaimana mereka bisa bermain cukup menarik dan memberikan perlawanan di Piala Dunia Futsal yg lalu? Atau bagaimana prestasi mereka yang berkilau sebagai wakil asia tenggara di Piala Asia Futsal?? mereka juga makan nasi bukan??

Sekjen mengapa bicara demikian?? apakah dia tidak mengerti atau emang belagak ngerti??
Untuk mengganti nasi, katakanlah Makanan seperti atlet2 internasional apakah PSSI rela mengeluarkan kocek?? Untuk pembiayaan hotel aja masih hutang.. Belum dengan hutang-hutang yang lain. Dan ditambah lagi, gw pernah diajak untuk makan malam di hotel atlet, alamaaaak... menunya ga ada yg istimewa,, standar kita makan di warteg lebihan dikit deh,, apakah salah koki?? koki ditanya, cuma bisa jawab, yah dananya cuma dikasih segitu.. sementara menurut taksiran, untuk sekali makan aja.. atlet butuh sekitar 75rb/porsi untuk makan yg bener2 sesuai takaran.. (ni nominal standar makanan yak.. bukan karena tempat). Tinggal kali aja ada berapa atlet di hotel itu, dan berapa kali atlet itu makan?? Sanggupkah PSSI??

Klo menurut gw, bukan nasinya yang salah.. yah anda bisa nilai sendiri...

3 comments:

  1. yups, nasi gak salah...
    yg patut disalahkan adl tim NASI-onal itu sndiri..
    hehehe (gak nyambung ya..!!) :D

    ReplyDelete
  2. Anonymous6:47 PM

    Ya g mungkinlah salah Nasi....
    truz salah sapa yak...???
    salah w??
    salah tmn" w? (Korban AADC)

    Mungkin budget tuk Atlet qta masih Kurang tuk beli makanan yg lebih bergizi....

    ReplyDelete
  3. Anonymous6:47 PM

    ini mah gw denger waktu beliau bilang gini.. beliau jg bilang kl badan pemain bola gak boleh jamuran, gigi juga harus bagus.. _wawan_

    ReplyDelete